Monday 7 March 2016

MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM

MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM
1.                  Administratif
Model admistratif ini merupakan model kurikulum paling lama model ini sering disebut  “garis dan staf”  atau  “top down”  atau “ line staff”. Munculnya model tersebut berawal dari inisatif dan gagasan pengembangan dari para administrator pendidikan  dan menggguanakan  prosedur adminitrasi. Pengembangan model ini  bersentral pada wewenang dari pemerintahan pusat. Pemerintahan pusat melalui pejabat pendidikan yang berwenang dalam semisal dirjen pendiikan membentuk komisi pengarah pengembangan kurikulum. Anggota komisi  pengarah pengembangan kurikulum ini terdiri dari penjabat di bawah dirjen, para ahli pendidikan, ahli kurikulum, ahli disiplin ilmu, dan para tokoh dari dunia kerja dan perusahaan.
2.                Model Grass Roots (dari bawah)
Jika pada pengembangan model administratif kegiatan pengembangan kurikulum berasal dari atas, model ini inisatif justru berasal dari bawah, yaitu dari para penganjar yang merupakan para pelaksana kurikulum di sekolah-sekolah. Model pengembangan kurikulum administratif bersifat sentralisasi, sedangkan model grass roots akan berkembang pada sistem pendidikan yang bersifat desentralisasi. Model ini mendasarkan diri pada anggapan bahwa penerapan suatu kurikulum akan lebih efektif jika para pelaksanaanya di sekolah sudah diikutsertakan sejak mula pengembangan kurikulum itu.
3.                Beuchamp
Sesuai dengan namanya, model ini diformulasikan oleh G.A. Beauchamp (1964) , yaitu mengemukan ada lima langkah penting dalam pengembilan keputusan pengembangan kurikulum. Menurut Beauchamp untuk nierancang sebuah kurikulum harus ditempuh lima (5) langkah. Langkah pertama yaiut pejabat atau kementerian yang berwenang dalam pengembangan kurikulum haruslah terlebih dahulu menentukan lokasi atau daerah yang dijadikan proyek kurikulum,langkah kedua yaitu menentukan personil atau anggota yang terlibat dalam pengembangan kurikulum,disini orang yang terlibat harus profesional dan ahli dalam bidang pendidikan. Langkah ketiga,setelah sudah ditentukan personilnya maka langkah selanjutnya yaitu membagi tim kedalam 5 kelompok yakni tim pengembangan kurikulum,tim peneliti kurikulum, tim untuk mempelajari kemungkinan penyusunan kurikulum bam, tim perumus untuk kriteria-kriteria kurikulum yang akan disusun,serta tim penyusun dan penulis kurikulum baru. Langkah keempat adalah Pada langkah ini ditentukan implementasi kurikulum. Pelaksanaan kurikulum mempakan pekerjaan yng cukup rumit karena membutuhkan kesiapan dalam banyak hal, seperti guru sebagai pelaksana kurikulum dikelas, fasilitas, siswa, dana, manajerial pimpinan sekolah atau administrator sekolah. Dan langkah kelima yaitu Setelah semua kebutuhan untuk kepentingan pelaksanaan atau implementasi terpenuhi dan sudah dapat dilaksanakan, maka langkah berikutnya yang merupakan langkah terakhir dari pengembangan kurikulum model beauchamp adalah mengevaluasi kurikulum.
4.                Ralph Tayler
Dalam bukunya yang berjudul Basic Principles Curriculum and Instruction (1949), Tyler mengatakan bahwa curriculum development needed to be treted logically and systematically. Ia berupaya menjelasskan tentang pentingnya pendapat secara rasional, menganalisis, menginterpretasi kurikulum dan program pengajarannya dari suatu pengajaran dari suatu lembaga pendidikan. Pengembangan kurikulum model Tyler ini mungkin yang terbaik, dengan penekanan khusus pada fase perencanaan. Walaupun Tyler mengajukan model pengembangan kurikulum secara komprehensif tetapi bagian pertama dari modelnya (seleksi tujuan) menerima sambutan yang hangat dari para educator.
5.                Inverted Model Taba
Pada beberapa buku karya Hilda Taba yang paling terkenal dan besar pengaruhnya adalah Curriculum Development: Theory and Pratice (1962). Dalam buku ini, Hilda Taba mengungkapkan pendekatanya untuk proses pengembangan kurikulum. Dalam pekerjaanya itu, Taba mengindetifasikan model dasar Tayler agar lebih representatif terhadap pengembangan kurikulum di berbagai sekolah. Model pengembangan kurikulum ini oleh Hilda Tiba ini berbeda dengan lazimnya yang banyak diitempuh secara yang bersifat dekduktif karena caranya induktif. Oleh Karena itu sring disebut “Model Terbalik” atau “Inverted Model”. Model pengembangan ini dimulai dengan melakukan percobaan, penyusunan teori, dan kemudian baru ditetapkan.
6                 The Demotrasion Model
Model demontrasi pada dasarnya bersifat graas roots datangya dari bawah. Model ini diprakasai oleh sekelompok guru atau sekelompok guru berkerja sama dengan ahli yang bermaksud mengadakan perbaikana kurikulum. Model ini hanya berskala kecil model ini hanya mencakup satu atau beberapa sekolah, suatu komponen atau mencakup keselurahan komponen kurikulum. Karena sifatnya ingin mengubah atau mengganti kuirkulum yang ada, mendapat tentangan dari banyak pihak.
7.                Roger Interpesonal Relations Model
Meskipun Rogers bukan seorang ahli pendidikan tetapi ahli psikologi tetapi konsep-konsepnya, tetaapi konsep-konsepnya tentang psikoterapi khusunya dalam membimbing individu juga dapat diterapkan dalam bidang pendidikan dan bidang pendidikan. Dia sangat terkenal dengan pendekatan "nondirectve" dan "humanistic" dalam pengajaran dan perencanaan kurikulum. Memang ia banyak mengukapkan konsepnya tentang perkembangan dan perubahan individu. 

8.                D.K. Wheeler
Dalam bukunya yang cukup berpengaruh, Curriculum Process, Wheeler (1967) mempunyai argumen tersendiri pengembangan kurikulum (curriculum developers) dapat menggunakan suatu proses melingkar (a cycle process), yang namanya setiap elemen saling berhubungan dan bergantungan. Pendakatan yang digunakan Wheeler dalam pengembangan kurikulum pada dasarnya memiliki bentuk rasional. Setiap langkah kurikulum pada dasarnya memiliki bentuk rasional.




1 comment:

  1. 1xbet korean sports betting | Unbiased Guide | Legalbet
    1xbet korean sports betting is one of the 바카라 사이트 best betting sites in the world 1xbet korean and a septcasino great choice for players of all skill levels. The

    ReplyDelete